Pengertian Ilmu Ekonomi

Posted by Unknown esmaspäev, 23. mai 2016 0 kommentaari
Istilah Ekonomi berasal dari bahasa Junani yaitu Oikonomeia terdiri dari dua kata “Oikos= Rumah tangga dan Nomos=Peraturan” artinya mengatur Rumah Tangga.
            Ilmu Ekonomi  adalah Ilmu yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran dalam memenuhi kebutuhannya. Ekonomi adalah Ilmu yang mempelajari tentang penggunaan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas, karena setiap manusia membutuhkan makanan, minuman, pakaian, rumah, hiburan dlsb.
            Semua kebutuhan itu digunakan untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya, namun tidak semua kebutuhan manusia dapat terpenuhi, dikarenakan sifat manusia yang tidak pernah puas akan segala sesuatu yang dimilikinya dan sumber daya yang ada tidak akan cukup untuk memenuhi semua kebutuhan manusia tsb.
            Keterbatasan kebutuhan inilah yang disebut dengan kelangkaan, dan menuntut manusia agar dapat mengatasi masalahnya yaitu untuk memenuhi kebutuhannya, dan cara-cara manusia mengatasi kebutuhannya tersebutlah yang akhirnya memunculkan sebuah ilmu baru yang disebut ILMU EKONOMI.
            Kelangkaan adalah suatu hal yang tidak dapat dihindari dan menjadi masalah pokok dalam ekonomi. Konsep Kelangkaan sangat terkait dengan dua hal penting yaitu Kebutuhan dan Keinginan yang menyebabkan timbulnya kelangkaan tsb.
Kebutuhan adalah sesuatu yang harus dipenuhi dan tanpanya aktivitas kita akan terganggu bahkan mungkin kita tidak bisa hidup, sedangkan keinginan adalah suatu hal yang ingin kita miliki, namun bila kita tidak berhasil memenuhinya, kelangsungan hidup kita sebagai manusia tidak akan terancam, artinya kita akan mati atau punah kalau tidak mendapatkannya.
            Beberapa hal yang menyebabkan Kebutuhan dan Keinginan Manusia selalu Bertambah adalah :
a)    Adanya kebutuhan yang akan selalu muncul secara berulang-ulang (makanan, bahan bakar, dlsb)
b)    Kecenderungan manusia selalu ingin mencoba yang lain
c)    Semakin bertambahnya Populasi maka permintaan akan kebutuhan  dan keinginan juga bertambah.
d).   Munculnya iklan juga mampu membuat orang menginginkan barang-barang yang tadinya kurang  diperlukan.
e).   Materialisme (menganggap tinggi harta benda), sebagai gaya hidup oleh sebagian orang
Perintis Ilmu Ekonomi adalah :  Plato, Xenophon, Aristoteles, Thomas Aquino, dll.
Tujuan mempelajari Ilmu Ekonomi adalah untuk memperoleh pengertian agar setiap tindakan manusia dalam  memenuhi kebutuhannya dpt mencapai kemakmuran.
Tugas Ilmu Ekonomi, untuk menerangkan peristiwa-peristiwa kemasyarakatan yang berhubungan dengan usaha-usaha manusia  dalam memperoleh kemakmuran.
Masalah Ekonomi adalah dimana ada kebutuhan manusia yang tidak terbatas sedangkan alat pemuas kebutuhan sangat terbatas.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pengertian Ilmu Ekonomi
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://kolaynf.blogspot.com/2016/05/pengertian-ilmu-ekonomi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 kommentaari:

Postita kommentaar

Template by Cara Membuat Email | Copyright of Kertas Putih.